Mata
Pelajaran Sosiologi untuk SMA / MA
A.
Latar Belakang
Sosiologi ditinjau dari sifatnya
digolongkan sebagai ilmu pengetahuan murni (pure science)
bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science). Sosiologi
dimaksudkan untuk memberikan kompetensi kepada peserta didik dalam memahami
konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur
sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai pada terciptanya
integrasi sosial. Sosiologi mempunyai dua pengertian dasar yaitu sebagai
ilmu dan sebagai metode. Sebagai ilmu, sosiologi merupakan kumpulan pengetahuan
tentang masyarakat dan kebudayaan yang disusun secara sistematis berdasarkan
analisis berpikir logis. Sebagai metode, sosiologi adalah cara
berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial yang ada dalam masyarakat dengan
prosedur dan teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Dalam kedudukannya sebagai sebuah
disiplin ilmu sosial yang sudah relatif lama berkembang di lingkungan
akademika, secara teoretis sosiologi memiliki posisi strategis dalam membahas
dan mempelajari masalah-masalah sosial-politik dan budaya yang berkembang di
masyarakat dan selalu siap dengan pemikiran kritis dan alternatif menjawab tantangan
yang ada. Melihat masa depan masyarakat kita, sosiologi dituntut untuk tanggap
terhadap isu globalisasi yang di dalamnya mencakup demokratisasi,
desentralisasi dan otonomi, penegakan HAM, good governance (tata
kelola pemerintahan yang baik), emansipasi, kerukunan hidup bermasyarakat, dan
masyarakat yang demokratis.
Pembelajaran sosiologi
dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman fenomena kehidupan
sehari-hari. Materi pelajaran mencakup konsep-konsep dasar, pendekatan,
metode, dan teknik analisis dalam pengkajian berbagai fenomena dan permasalahan
yang ditemui dalam kehidupan nyata di masyarakat. Mata pelajaran
Sosiologi diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari
IPS, sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata
pelajaran tersendiri.
B. Tujuan
Mata pelajaran sosiologi bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
- Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai dengan terciptanya integrasi social
- Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat
- Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Sosiologi
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Struktur social
- Proses social
- Perubahan social
- Tipe-tipe lembaga sosial.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang
berlaku dalam masyarakat
|
1.1
Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan
masyarakat dan lingkungan
1.2
Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.3
Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola
keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
|
Kelas X, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
2.
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
|
2.1
Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
2.2
Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
2.3
Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat
|
Kelas XI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas
social
|
1.1
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
1.3
Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
|
Kelas XI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
2.
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
2.1
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.2
Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.3
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Kelas XII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami dampak perubahan social
|
1.1
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
1.2
Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat
|
2.
Memahami lembaga sosial
|
2.1
Menjelaskan hakikat lembaga sosial
2.2
Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial
2.3
Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial
|
Kelas XII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
3.
Mempraktikkan metode penelitian social
|
3.1
Merancang metode penelitian sosial secara sederhana
3.2
Melakukan penelitian sosial secara sederhana
3.3
Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Sumber: http://ajiponk.wordpress.com
Wah keren sekali tulisannya, aku suka. Kamu hobi baca buku? Butuh rekomendasi novel menarik.
BalasHapusBaca dulu ulasan dari MantuIdaman Blog berikut
- Alias Harga Untuk Sebuah Kematian
- Antologi Fiksi Suker
- Kau Begitu Sempurna
- Novel MR Innocent
Salam hangat, dari
Latifah